Jumat, 09 April 2010

Cara Sehat Menambah Berat Badan

Sebagian dari kita mungkin menginginkan menurunkan berat badan kita, agar keliatan langsing ( mungkin yang dimaksud ideal ) , ada juga yang kepingin menggemukan badan agar nampak berisi ( mungkin yang dimaksud ideal ) Nah bagi yang terlalu kurus, berikut saya tampilkan cara menambah berat badan dari kurus ( kurang ideal ) menjadi gemuk subur ginuk-ginuk ( ideal ), saya ambil dari berbagai artikel di yahoo.answer, semoga dapat bermanfaat :

1. Makan yang banyak dan lebih sering

Makan yang banyak sebaiknya tidak berlebihan dan pastikan makan-makanan yang bergizi 4 sehat 5 sempurna. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi "fast food", terutama hindari merokok dan meminum-minuman keras. Usahakan tambah frekuensi makan kita menjadi 4-5x sehari.



2. Makanlah dengan proporsi yang tepat

Dalam menu makanan pun kita harus ada perbandingan antara karbohidrat - protein - lemak (50:35:15)

3. Makanan padat kalori

Seperti daging merah (sapi), telur, dan ikan merupakan makanan yang banyak mengandung protein agar otot kita makin kuat. Mereka yang ingin gemuk juga sumber yang efektif yang akan membantu anda meningkatkan pemasukan kalori secara keseluruhan.

4. Jangan lupa minum multivitamin

Makanan padat-kalori biasanya kekurangan gizi mikro seperti vitamin-vitamin, air dan mineral-mineral tertentu. Untuk menghindari kekurangan gizi mikro ini, makanlah multivitamin tiap hari. Vitamin dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat optimal dari gizi mikro, dan makanlah diantara jam makan anda untuk mempercepat pencernaannya.

5. Olahraga yang teratur

Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja tapi rutin dan biasakan setelah 1 jam olahraga makanlah makanan yang mengandung protein. Karena setelah olahraga protein akan cepat diserap oleh tubuh.

6. Tidurlah setelah perut anda penuh

Tidur merupakan faktor yang mendukung, untuk itu sebelum tidur makanlah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein misalnya minum susu, jangan yang terlalu banyak lemak karena saat tidur tubuh kita tidak dapat membakar lemak. Memang sebenarnya lemak bisa mempercepat namun kita harus menambah massa tubuh dengan cara yang sehat dan usahakan tidur minimal 8 jam.

7. Minum yang banyak

Air putih, jus, dan susu kalau mau yang bagus susu merk (Apeton) tapi agk mahal 900 gr 250 rban. Minum adalah kunci untuk menambah massa tubuh, karena 60% tubuh kita terdiri dari air. Anda kehilangan air lewat keringat atau air urin dan ini akan meningkatkan penurunan berat tubuh secara drastis dengan rasa haus. Jadi pastikan anda banyak meminum air. Minum air putih akan membantu anda memperbaiki sistem pencernaan, sementara susu dipenuhi oleh protein berkualitas dan jus akan memberikan gula-gula penting yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Memang dari semua itu tidak semerta-merta langsung gemuk tapi ada tahap-tahapnya. Saya sendiri sudah menerapkannya massa tubuh saya naik 10 kg dari 44 kg - 54 kg dalam waktu 4 bulan. Memang terasa lama, tetapi kalau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari tidak terasa. Yang penting kita selalu menjaga tubuh kita dengan makanan yang bergizi dan pola hidup yang teratur. Di jamin akan cepat bereaksi. Pernah juga saya ditawari semacam kaya obat (pil) buat menambah berat badan dengan cepat 10 kg bisa hanya 1 bulan. Tapi kalau mau instan biasanya suka ada efek sampingnya. Katanya yang udah pernah pakai obat ini memang hawa nafsu makan menjadi bertambah tapi kalau asupannya tidak seimbang sama saja gemuk tidak sehat.

0 komentar:

Posting Komentar